Kamis, 30 November 2017

Lika-Liku Mencari Kerja

Hello welcome back to my blog! Kali ini gue akan sharing sedikit tentang lanjutan blog kemarin yaitu sulitnya mencari pekerjaan.

Sepertinya membahas "mencari pekerjaan" adalah suatu hal yang sedang marak dan sangat sensitif diantara para mahasiswa yang baru merasakan lulus tapi belum wisuda. OK. Gue pun merasakan dari berbagai pertanyaan orang-orang "Kerja dimana?" "Udah kerja belom?" "Kerja di bank aja sih" "Realistis aja lah abis lulus kerja dimana dulu kek" "Yaudah sih santai aja nganggur dulu nanti kalo udah kerja boro-boro bisa kayak gitu" "Yaudah sambil nunggu panggilan kan bisa memperbaiki diri" "Sambil nyari-nyari makanya". Yep, segelintir perkataan dari banyak orang yang membuat gue bosen. Berasa gue gaada usahanya banget dalam nyari kerja. Padahal..... yasudalah. Mereka gaakan ngerti.


Mereka gaakan ngerti rasa bosennya jadi pngangguran dirumah mau pergi tapi gak punya uang, mereka gak ngerti rasanya usaha kita udah ngelamar kesana kemari tapi gaada panggilan, mereka gaakan ngerti rasanya udah dipanggil tapi nggak lolos. Karena orang lain akan selalu berkomentar dan gaakan pernah mengerti sampe dia yang ngerasain sendiri.

Setelah berdiam diri mengganggur selama berbulan-bulan akhirnya gue mendapatkan pekerjaan. Tapi sebelum itu, gue mau sharing tentang perjalanan gue sampe mendapatkan pekerjaan. Pake alur maju mundur yak.

1. PT. SUMBER UNGGAS JAYA
Pertama tau ada lowongan disini adalah dikasih tau sama pacarnya aa, doi tau dari ade kelasnya yang kerja disitu. Katanya sih lowongannya di bagian mikrobiologi dan gajinya UMR Jakarta. Karena gue sama sekali belum pernah interview, gue excited abis meskipun gak suka mikrobiologi. Pertama kalinya di telpon perusahaan, karena waktu itu lagi makan di McD jadilah gakedengeran dan gue minta Mbak yang nelpon untuk menjelaskan via SMS (Songong banget ya). Setelah itu gue mulai mencari apa yang harus gue pelajari untuk interview dari mulai gue searching, ngerangkum apa yang harus dijawab, mempelajari tentang perusahaan, mikrobiologi dan uji-uji lainnya sampe nonton video tentang inokulasi bakteri karena gue sangat berharap untuk melepas masa-masa mengganggur ini. Ketika hari itu tiba, gue langsung siap-siap dengan keformalan gue memakai rok. LOL. Pas sampe sana, gue kaget karena............. kemudian gue ketemu anak AKA. Doi interview disitu juga. Gue deg-degan banget nunggu giliran karena ini bener-bener first time. Sampe akhirnya test tulis mikrobiologi 10 soal, gue seneng karena awalnya gue bisa ngerjain. Tapi kemudian nomor 8-10 gue gak ngerti apa-apa dan waktunya keburu habis. Next, interview (langsung user) jadi gue tuh dulu gatau kalo ada HRD dan user bahkan bedanya mereka aja gue gatau sampe akhirnya gue mulai tau sendiri. Pas ditanya awal-awal gue tegang deg-degan lemes banget, awalnya bisa jawab lama-lama skak mat dan yah tau sendiri hasilnya bakal gimana. Karena because gue udah hopeless dengan kedua hal tersebut. Gue memutuskan untuk berusaha di praktek, but.. I can't huhu susah banget prakteknya. That's why gue gasuka banget sama mikrobiologi. Akhirnya gue pulang dengan hati sedikit kecewa dan senang karena gabakal kerja disitu.

2. PT. KALBE FARMA, TBK
Kali ini gue nggak apply via email ataupun naro surat lamaran di perusahaan, tapi gue ikut open recruitmentnya Kalbe di kampus. Sebelum oprec ini gue main sama temen gue sampe malem. Jadi gue gak semempersiapkan diri untuk interview dan serangkaian test lainnya. Bukan karena gue merasa sudah cukup untuk belajar tentang interview, tapi gue merasa gue gaakan lolos pas psikotestnya karena gue sebelumnya belum pernah psikotest selain test IQ di SMA. Jadi gue niatnya iseng doang. Lagipula kalbe kan perusahaan besar banget jadi kemungkinan gue lolos diantara 80 orang peserta adalah tidak mungkin (emang anaknya pesimisan banget). Tapi gue bukan ngerasa ini perimis sih, lebih ke realistis. Kemudian saat hari H akhirnya gue masuk ke ruangan oprec tersebut sama temen-temen mengganggur gue lainnya. Awalnya adalah perkenalan lewat video tentang perusahaan tersebut dan dijelaskan bahwa tahapannya adalah psikotest, kalo lolos lanjut HRD dan kalo lolos lagi lanjut ke user di Cikarang. WOW. Then, piskotest! Yups, Gue ngisinya gabener, gue ngasal, seriously banyak yang kosong karena waktunya abis, bahkan gue engga ngerti yang namanya tet gambar orang dan pohon itu untuk apa. Akhirnya gue keluar dan menunggu pengumuman dengan rasa tak berharap setitikpun.... Tapi tiba-tiba JENGJENG nomor urut gue masuk untuk interview HRD hari itu juga. Gue gak belajar sama sekali and gatau harus jawab apa. Tapi yasudalah...... kemudian itv gue bisa menjawab semua pertanyaannya yang banyak itu tapi gue nggak yakin bakal lolos sampe user. Ibunya bilang kalo lolos HRD dan ke user bakal dikabarin 30 hari lagi. Gue pikir itu terlalu lama (gue pikir dalan waktu 30 hari gue udah dapet kerja malah... taunya boro-boro). Setelah itu gue menjalani hari hari tanpa berharap. Kemudian sambil nunggu dipanggil sama perusahaan lain gue ngelamar kesana-kesini. Taunya setelah itu gue dipanggil sama PT. Tempo Scan Pacific di Kuningan. Setelah itu sama. Gue kembali ga ngarep sampe akhirnya seminggu setelah gue dipanggil tempo, kalbe menghubungi gue untuk interview user di Cikarang. OMG I'm so excited lah meski belum tahapan akhir tapi gue seneng bisa lolos tahap demi tahapnya si Kalbe. Awalnya nggak boleh ke Cikarang, tapi gue maksa karena gue sangat berharap banget sama Kalbe. Malemnya gue belajar tentang kimia dan alat-alat instrumen lainnya. Sampe akhirnya gue ke Cikarang dianter sama ayah, pagi itu gue berangkat jam setengah 9 tapi busnya berangkat jam 10. Gue udah panik karena itv gue jam 13:30 dan bener aja gue telat sampe sana karena banyak hal-hal yang tidak diinginkan terjadi dijaalan. Gue telat 5 menit sampe kalbe dan dimarahin satpamnya. Akhirnya gue duduk nunggu dapet giliran dan tadaaaaa akhirnya gue di itv lagi dan ternyata itu bagian RnD. Gue ngerasa lancar-lancar aja jawabnya dan takut lolos ke tahap selanjutnya... karena saat itu gue udah gamau ke Cikarang yang jauhnya...................... membuat diri ini ingin pulang. LEBAY. GR emang anaknya...... ternyata pas gue cek buku wisuda beberapa minggu kemudian, temen yang itv bareng gue udah kerja disana, gue kecewa karena gue ternyata nggak lolos. Kemudian beberapa minggu setelah itu, kalbe mengudang gue untuk interview user lain namun bentrok dengan jadwal gue ditempat lain yang lebih deket dari rumah. Jadi...... terima kasih Kalbe atas pengalamannya, senang bisa lolos sampe tahapan user :)

3. INI NANTI AJA SOALNYA INI FINAL

4. PT. SURYA LESTARI ABADI
Perusahaan ini nelfon gue saat gue lagi psikotest di klender, gak keangkat deh. Tapi itu hari Sabtu jadi gue rasa aman mungkin dia akan menghubungi gue hari senin. Gue tau lowongan ini dari grup angkatan dan ada di Bogor jadi gue coba apply kemudian dipanggil. Hari senin gue udah stay depan HP seperti biasa menanti untuk dipanggil perusahaan dan bener aja perusahaan ini nelfon H-1 dari jadwal interview. Setelah gue searching tentang perusahaan tersebut akhirnya gue tau kalo perusaahaan itu adalah perusahaan amdk a.k.a Air Minum Dalam Kemasan dan gue mulai mempelajarinya cara analisis air dan lain-lain karena gue nggak pengen gagal lagi. Akhirnya hari H gue dateng naik grabike dan ternyata disana udah ada temen gue juga anak AKA. Sambil nunggu-nunggu akhirnya kita ngobrol tentang banyak hal, setelah itu masuk dan dipanggil untuk menjalankan serangkaian test. Test tulis lancar karena sesuai sama apa yang gue pelajari, setelah itu test itungan okeh I'm so bad kalo itungan jadi pas laaah. Baru setelah itu wawancara, gue giliran pertama dan pertanyaannya simple, langsung menanyakan gaji yang gue inginkan kemudian dia menawarkan tidak sesuai ekspetasi gue dan akhirnya gue keceplosan bilang "Gamau" anjir songong nih bocah. Fresh graduate aja banyak mau. Kemudian gue keluar ruangan dan menyesal karena temen gue yang lain setuju sama gajinya. Akhirnya gue sedih. Nyesel karena udah pasti gak diterima. Setelah itu temen gue keluar dan dia bilang "Aku sih gapapa segitu, Rech. Soalnya lumayan ngisi nganggur daripada gaketerima dimana-mana malah ngeluarin ongkos buat itv mending aku terima. Lagipula cuman 3 bulan kan setelah itu aku bisa cari lagi". Mendengar perkataannya gue pun menyesal dan merasa gue yang gaada "skill"nya ini terlalu takabur. Terus temen gue yang satu lagi bilang kalo HRD nya ngomongin gue katanya "Mungkin temen kamu yang satu itu lagi nunggu perusahaan yang dia harapkan". Ya emang sih waktu itu lagi ngarepin Tempo, tapi gaakan dapet juga kan. Langsung deh hari itu di umumin dan bener aja temen gue yang ngomong tadi ke gue dia diterima. Kemudian gue pulang ke rumah entah harus sedih atau seneng karena gue masih mengharapkan gaji diatas itu. Kemudian gue lanjut menjalani hari-hari dengan menganggur dan penuh penyesalan.

5. PT. SARI ENESIS INDAH (ADEM SARI)
Setelah gue lupa kapan ngelamar perusahaan ini karena 2 bulan kemudian gue baru dipanggil. Akhirnya gue di telfon, ternyata sehari sebelum gue ngangkat telfonnya gue udah ditelfon tapi lagi dibioskop dan nomornya kaya nomor HP jadi gue gatau kalo itu nomor perusahaan. Akhirnya gue dikasih form dan gue isi formulirnya. Setelah itu gue dateng dianter ayah seperti biasa, gue duduk nunggu giliran. I meet new people, gue banyak bertemu orang baru disana dan gue berkenalan sama banyak orang ternyata ada lulusan AKA juga kaka tingkat. Sumpah satpamnya sama orang-orang sana ramah banget dan gue sangat berharap untuk diterima di perusahaan tersebut karena lelah gaada yang nyangkut. Akhirnya gue dapet giliran interview HRD, lama banget ditayanya mirip sih sama yang diinternet tapi gue tau gue jawabnya banyak fail dan mulai ragu kalo bakal lanjut. Setelah itu, gue diinterview sama 2 usernya, laki-laki dan kocak. Gue gak belajar sama sekali tau-tau ditanyanya banyak dan gue jawabnya sambil ketawa dan fail banget lah. Sampe akhirnya gue tau ternyata doi butuh cowok dan gue udah hopeless. Setiap ditanya sama user gue jawabnya "Apa yaaaa saya lupa hehehe" gagal banget kan? sampe akhirnya gue pulang dengan perasaan "Yaudalah gaakan lolos sampe psikotest, aku gagal di user sama HRD". Tapi takdir berkata lain, seminggu kemudian gue dihubungi untuk psikotest dan akhirnya gue dateng ke Pulogadung dianter ayah lagi. HA! Taunya disana kandidatnya cuman 3 yang ngelamar di lab, sisanya adalah pegawai yang mau naik pangkat atau menjadi kartap disana, Then, gue berkenalan lagi dan gue makin berharap disana karena gue denger cerita dari orang-orangnya enak banget. Setelah itu, pulang psikotest...... gue dapet email kalo gue diundang MCU diperusahaan lain... Gak karuan rasanya because gue pengen di Bogor tapi enesis ini pun meskipun gue GR bakal keterima gaada jaminan buat keterima jadi gue mengkonfirmasi untuk dateng MCU tersebut. Setelah MCU di perusahaan lain akhirnya gue pun kerja. Singkat cerita setelah gue kerja, enesis ini menghubungi gue 2 minggu kemudiqn untuk MCU sampe ditelfon 3 kali, whatsapp serta SMS. Yang kuduga adalah terjadi. Tapi hidup emang harus memilih, because we have to live with the consequences of our choice sih. Jadi mungkin ini rezeki yang diberikan Allah. Tapi emang udah ga sreg sama mikrobiologi juga si ehehe. 


3. PT. TEMPO SCAN PACIFIC, TBK
PERJALANAN INI HOHOOOOOOOOOOOOOOOOOOOO. Ternyata dirimu menjadi perjalanan terakhirku dalam mencari pekerjaan. Pertama tau lowongan ini dari supervisor Abbott tempat gue PKL di posisi "Dokumentasi dossier". Whutz? Apa itu nggak ngerti. Setelah gue cari tau tentang itu ternya berhubungan sama registrasi ke BPOM para apoteker. Dan gue baru tau produk-produk dri perusahaan ini kaya marina, bodrexin, bodrex, neo rheumacyl, oskadon, hemaviton, my baby dan lain-lain.... Seminggu setelah gue apply gue dipanggil via telepon untuk itv dan persyaratan yang harus dibawa banyak sekali serta persyaratannya gak terpenuhi hampir semua, rasanya untuk keterima pun gaada apalagi saingannya orang-orang ber-experience juga. Setelah itu singkat cerita *karena gue udah mulai pegel ngetik seriously untuk membuat post ini aja gue ngetik 2 Jam OMG.* diantara 4 orang gue menjadi salah 2 yang lanjut ke tahap psikotest, setelah itu gue bela-belain demi sesuatu yang emang harus diperjuangkan yang hasilnya kita serahkan pada Allah. Gue jauh-jauh ke klender buat psikotest, kemudian 2 minggu berikutnya masih gaada kabar jadi gue rasa kaya gamungkin diterima, mungkin ada peserta lain. Dan gue minder banget karena gedungnya gede banget, orang-orang rambut coklat, chinese yang minumannya starbucks da akumah apa hahaha. Tapi kemudian gue dihubungi lagi untuk itv user ke-2, disitu ditanya banyak banget sampe disuruh presentasi. Gue gak ngarep. Karena gue kalah sama orang experience, setelah itu gue pulang. Hari itu adalah hari dimana itv bentrok sama kalbe. Akhirnya gue melanjutkan ke enesis............. ya begitulah pulang dari enesis gue dipanggil untuk MCU dan besoknya gue mulai bekerja di PT. TEMPO RESEARCH..................... dengan masa percobaan 3 bulan.

3 Tahun gue kuliah di AKA, 6 Bulan gue PKL di abbott I never learn yang gue kerjakan sekarang. Ini bener bener sesuatu baru yang gue dapet. Gue kira berhubungan dengan dokumen adalah simple dan dapat dipelajari tapi ternyata I wrong. Gue mau nangis, I learn new things, banyak banget dan stressed out serta ditegur teruz. Tapi disini gue seneng banget karena gue banyak bertemu orang baru yang sangat ramah, orang-orang cerdas, apoteker dari berbagai universitas yang tentunya sesuai doa gue. Gue dipertemukan orang yang membuat kita selalu inget Allah. Gue seneng banget disini orangnya suka sholat dhuha, sholat tepat waktu, rajin puasa senin kamis dan banyak yang syar'i juga. Toleransi terhadap agama lain pun tinggi.

Gue percaya apapun yang terjadi udah ditakdirkan, asal kita mau berusaha terus menerus. Kalo gue dilanjut dari 3 bulan mungkin sudah rezkinya disitu, tapi kalo engga. Allah punya tempat terbaik lain unuk gue. Percayalah yang ditentukan Allah pasti sudah yang terbaik, tinggal kita yang menyikapinya bagaimana. BERSYUKUR. ALWAYS. GREAT THINGS TAKE TIME.


1 komentar:

  1. Kak mau tanya waktu dari intv HRD ke User jaraknya berapa hari? Makasih

    BalasHapus

Black Moustache'/>