Jumat, 06 Oktober 2017

AKA dan Sulitnya Mencari Kerja

Hai selamat sore, sore ini gue mau ngepost yang jauh dari percintaan. Rasanya bosen bahas cinta-cintaan terus. Karena hidup itu gak melulu tentang cinta, ya tapi tetep harus mencintai hidup! 

AKA? Apa itu AKA? 


AKA atau Politeknik AKA Bogor didirikan sebagai Akademi Kimia Analisis (AKA) Bogor pada tahun 1959 oleh Departemen Perindustrian Rakjat (sekarang Kementerian Perindustrian). Sasaran tingkat keahlian pendidikan ini adalah kemampuan analisis kimia secara mandiri, mampu mengembangkan keahliannya, mampu membina bimbingannya, dan memiliki dasar keahlian manajerial. Lulusan Politeknik AKA Bogor berhak menggunakan sebutan Ahli Madya.


Ya sedikit aja ya profil kampus gue siapa tau kalian minat dan lebih cari tau. AKA dulu pas angkatan gue cuman ada jurusan kimia analisis. WOW.. K I M I A? Hahahaha lebay. Emang dari beberapa orang berfikiran kimia itu susah. Ya apalagi gue. Gak suka banget sama sains. Tapi mau gimana? Mau berbakti sama orang tua jadi harus ikutin kemauan mereka, yaitu kuliah di AKA. Gue awal tau kampus ini ya karena deket sama rumah dan kakak gue kuliah disitu. Selebihnya gue gak ada ketertarikan atau penasaran masuk situ. Sama sekali gaada.


Jadi awal gue masuk AKA adalah karena lolos undangan dari sekolahan gue. Ya gue sih galau antara seneng sama sedih. WHY? Senengnya karena udah punya kampus sebelum UN. Sedihnya? YA KARENA GUE GAK SUKA KIMIA DAN SANGAT INGIN MENGHINDARI SAINS. SERIUS INI DARI HATI.


Awal mula kuliah di AKA dimulai dengan matrikulasi. Singkat cerita. Gue gagal dan harus mengulang mata kuliah matrikulasi. Ya jelas disaat temen gue berhasil, gue gagal sendiri karena nggak pernah belajar. Terus gue nangis. Minta pindah. Mental anak SMA. CUPU. Gak ada daya juang sama sekali. Terus mengeluh sampai akhirnya gue terjebak dan terjebak..

Singkat cerita deh gue gamau basa basi. Kuliah di AKA awalnya berat karena gue gapake kerudung dan gapunya temen disertai dengan pelajaran yang gue suka. Bahkan sampe semester 4 aja gue masih nangis karena remed terus. Karena gue gak suka. Tapi yang gue suka pada akhirnya karena di AKA gue jadi pake kerudung dan banyak banget perubahan yang gue dapatkan setelah memakai kerudung. AHAY

Dan Alhamdulilah gaada matkul yang ngulang. Sekarang gue udah sidang. Sebelum sidang gue harus melalui masa-masa PKL 6 bulan, seminar, mengejar dosen karena TA. Ya abis sidang juga gitu sih. Sampe akhirnya sekarang gue udah hardcover dan gue menganggur.......................


Semenjak menganggur banyak sekali pertanyaan pertanyaan. Kenapa gak ini kenapa gak itu?

Banyak temen gue yang abis sidang mereka langsung dapet kerja. Ya gue tau kok rezeki orang emang beda-beda. Dan sekarang udah sebulan gue jadi pengangguran. Sedih. Kesel. Bosen. Ya gimana ya namanya dirumah hampir setiap hari, gaada uang masuk juga disertai dengan BM yang sangat banyak dan gak habis-habis tuh rasanya.... BERAT.


Kadang orang lain ngeliat gue pengangguran gak ada usaha. Who knows? Gue udah mencoba banyak hal. Dari mulai ngeapply langsung ke perushaaan, ngelamar via email, jobstreet, jobdb dan aplikasi lamaran online lainnya. Ya sempet dipanggil sekali ke karawang tapi gak dateng karena terlalu jauh. Kemudian........ kena penipuan juga pernah dan sampai akhirnya interview beneran juga pernah. Tapi semua itu gak berakhirgue langsung kerja. Gue masih nganggur dan masih terus mencari. Semua jadi pengalaman buat gue. Kalian. Yang mungkin abis sidang langsung kerja gaakan pernah ngerasain hal-hal miris seperti ini. Banyak dari kalian yang ngeluh karena capek. Perushaan kalian gak bergengsi. Bosen kerja. Bahkan udah resign lagi buat nyari perusahaan baru. Kalian gak ngerasain sulitnya mencari kerja seperti ini. Berpuluh-puluh lamaran dikirim tapi gak ada panggilan sama sekali. Rasanya........................... gaperlu digambarkan lah ya.


Namanya manusia, pasti imannya naik turun. Kadang ngerasa kok gue gak dapet-dapet kerja. Kadang ngerasa yaudalah rezeki telah tertakar mungkin Allah tau yang terbaik. Ya begitulah yang gue rasain. Kalo lagi jauh sama Allah bisanya ngeluh aja. Tapi kalo lagi deket rasanya tenang banget. Ya seharusnya bisa istiqomah deket sama Allahnya. Karena rezeki, jodoh, pekerjaan semuanya itu karena campur tangan Allah. Gue seneng dikala lagi gabut sehari-hari ini bisa semakin mendekatkan diri gue dengan sang pencipta. Gue senang rasanya menunggu. Mungkin mengeluh hanya akan membuat kita jauh dari rasa bersyukur.


Enjoy it while it lasts. Yup. Mumpung jadi pengangguran banyak banget hal-hal positif dan berkualitas yang dapat kita lakukan. Mendekat pada-Nya adalah salah satu kegiatan positif yang bisa kita lakukan dalam menanti pekerjaan. Kuncinya adalah Percaya. Dibalik kesulitan ada kemudahan.  Kita sebagai manusia hanya bisa berusaha dan berencana. Hasilnya ya balik lagi sama Allah. Kalo udah kerja semoga bisa tetep istqomah deket sama Allah-nya yaa jangan pas ada maunya doang.


Dan untuk kalian yang udah kerja kemudian mengeluh, kalian boleh mengeluh tapi kalian juga harus bersyukur atas apa yang udah Allah kasih. Allah kasih kemudahan buat kalian dalam mendapatkan pekerjaan sehingga kalian ga sulit mencari-cari atau bahkan menunggu yang gak pasti. Dan untuk kalian yang sedang menanti panggilan atau pengumuman. Tetap sabar ya. Selalu percaya Allah menakdirkan kita seperti ini ada maksud dan tujuannya. Tetap berdoa dan jangan pernah berhenti berbuat baik. Untuk kita yang udah kerja ataupun menunggu. Tetap selalu bersyukur dalam kondisi apapun yaaaaa. Nikmati ketika semuanya berlangsung. Karena waktu itu gaakan pernah kembali dengan memori yang sama.


Semangat para pejuang kerja dan para pejuang pencari kerja..................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Black Moustache'/>